Harga Bibit Rambutan Narmada

Di Kabupaten Lombok Barat terdapat dua buah Kecamatan yang mana kecamatan tersebut  merupakan salah satu penghasil buah terbesar yaitu Rambutan jenis Narmada dan Rambutan  Lingsar, letak geografis dua kecamatan ini yang sebagian wilayahnya termasuk dalam kawasan hutan Gunung Rinjani sehingga sangat potensial untuk pengembangan tanaman buah,khusus nya buah Rambutan Narmada.

Harga Bibit Rambutan Narmada

Rambutan narmada adalah satu jenis varietas unggul yang masih kerabat dekat dengan rambutan binjai dan rapiah,yang mana jenis rambutan yang satu ini terbukti sudah berhasil mengikat para konsumen. Rambutan narmada ini untuk pertama kali dikembangkan sejak tahun 2001. Rambutàn Narmada sendiri salah satu jenis varietas yang paling banyak di cari khusus nya di Provinsi NTB dan NTT.

Jenis rambutan Narmada atau biasa disebut dengan nama latin Nephelium lapoios narmadoloc merupakan jenis buah rambutan yang berasal dari negara Provinsi NTB di  Indonesia.

Rambutan Narmada adalah jenis rambutan yang mana pada bagian“daging buah,terdapat jenis salut biji atai yang biasa juga disebut dengan  aril,yang mana aril tersebut dapat melekat sangat kuat pada kulit terluar biji atau lepas.

Rambutan Narmada ini dapat menghasilkan bunga setelah 2 sampai 3 tahun pada masa tanam dari  mulai bibit tanaman,namun pada usia yang menginjak 1 tahun,rambutan Narmada ini sudah dapat berbunga jika diperbanyak secara vegetatif,rambutan berumah dua, tetapi bersifat androdioecious.

Rambutan Narmada  ini berbentuk agak bulat kecil. Rambutan Narmada ini mempunyai tekstur daging yang bisa dibilang lumayan tebal,berwarna putih, dan juga tidak terlalu mengandung banyak air.

Jenis rambutan Narmada merupakan jenis buah yang  tidak pernah menghasilkan buah pada masa.pembungaan,hal ini sangat  berbeda dengan jenis rambutan yang dipengaruhi oleh musim atau ketersediaan air. Masa kering tiga bulan menghentikan pertumbuhan vegetatif dan menambah rangsangan pembentukan bunga baru.

Buah rambutan Narmada ini terbungkus secara rapi oleh kulit yang memiliki “rambut” di bagian luarnya (eksokarp). Rambutan Narmada ini dominan mempunyai Warna hijau ketika masih muda, lalu ketika sudah mulai berangsur sekian lama agak kekuningan dan akan berubah menjadi warna merah ketika sudah matang.

Cara budidaya Rambutan Narmada  secara baik dan tepat

·         Persiapan lahan yang digunakan untuk budidaya Rambutan Narmada

Pohon Rambutan Narmada saat ini kebanyakan ditanam di sebuah pekarangan ataupun kebun. Ukuran ideal lubang tanah yang hendak digunakan untuk menanam bibit adalah 90 x 80 x 50 cm. Dengan jarak tanam yang baik adalah sekitar 10 m hingga 19 m.

·         Proses penanaman Bibit Rambutan Narmada

Setelah lubang tanah yang ada di lahan dibiarkan selama 2 hingga 4 minggu, maka bibit Rambutan Narmada  yang telah disiapkan  ini bisa dimasukkan ke dalam lubahg galian dan menutupnya dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang.

 Penyiangan

Penyiangan merupakan salah satu proses menghilangkan tanaman pengganggu (gulma) yang mana jelas pasti ada di sekitar tanaman bibit Rambutan Narmada . Proses ini memang sangat perlu dilakukan karena jika ada tanaman sejenis gulma,yang berada tepat di sekitar tanaman bibit maka pastinya pertumbuhannya juga akan terganggu. Akan lebih baik jika dilakukan juga penggemburan tanah akan tetapi jangan sampai merusak struktur akar.

·         Proses pembentukan pohon Rambutan Narmada

Ujung – ujung ranting pohon bibit Rambutan Narmada  lebih baik dipotong apabila usianya sudah menginjak 2 tahun. Pemotongan ini dilakukan untuk memperkuat cabang pohon Rambutan Narmada  nantinya. Tunas – tunas yang tumbuh dengan tidak sempurna sebaiknya juga dipotong. Pemotongan – pemotongan ini tidak hanya dilakukan saat masa pertumbuhan bibit namun juga pada saat setelah masa panen.

·         Pembasmian hama dan penyakit

Hama yang sering dijumpai di pohon Rambutan Narmada  adalah sejenis ulat , tupai dan juga keluang. Sedangkan penyakit yang sering menyerang pohon Rambutan Narmada  ini adalah penyakit bercak daun dan penyakit akar putih. Degan cukup banyak nya hama dan penyakit dari pohon Rambutan Narmada  ini sebaiknya pembasmian nya dilakukan secara intensif, rutin, dan sesuai prosedur.

Harga Bibit Rambutan Narmada

Manfaat Rambutan Narmada Bagi Kesehatan

 1. Mencegah Penyakit Jantung

Tanaman buah Rambutan jenis Narmada adalah varian buah rambutan yang konon,sangat banyak terdapat kandungan vitamin C,serta kandungan senyawa polifenol yang cukup dominan dibandingkan dengan jenis rambutan pada umumnya,kandungan vitamin C pada buah Rambutan Narmada ini dapat mencapai 60 persen untuk setiap 100 gram-nya. Persentase ini setidaknya telah memenuhi sebanyak 86% dari angka kebutuhan gizi harian yang disarankan untuk manusia dewasa.

Namun, ada hal begitu menarik lainnya terkait dengan kandungan vitamin C pada buah Rambutan Narmada tersebut. Ternyata, vitamin C ini juga menghasilkan manfaat tersendiri khususnya pada buah Rambutan Narmada,yakni menyehatkan organ jantung. Ya, penyakit jantung ini merupakan momok menakutkan bagi seluruh umat manusia. Khususnya bagi mereka yang sudah berusia setidaknya menginjak 30 tahun ke atas, oleh karena itu perlu adanya kewaspadaan dan juga memperhatikan pola makan keseharian,karena serangan jantung ini acap kali datang secara tiba-tiba dan tak di sangka-sangka.

2. Membersihkan dan Menjaga Fungsi Ginjal

Manfaat Rambutan Narmada yang lain juga bisa anda rasakan,ketika anda sedang mengalami gangguan terutama pada fungsi ginjal. Hal semacam ini memang harus menjadi perhatian lebih,mengingat bahwa fungsi utama  hinjal adalah Sebagai tempat terjadinya proses detoksifikasi, maak organ pada ginjal pun harus selalu berada dalam kondisi prima dan bugar, atau kalau fungsi ginjal ini tidak stabil lagi,maka racun-racun yang ada di dalam tubuh akan menyebar dengan mudahnya dan bisa mengganggu jaringan tubuh lainnya

Kandungan Lainnya dari Buah Rambutan Narmada

  1. Buah rambutan Narmada ini juga memiliki beragam kandungan karbohidrat sehingga dengan begitu dapat menjadi buah dengan pemberi sumber energi.
  2. Kandungan pada rambutan Narmada ini selain kaya akan vitamin C,Rambutan narmada juga memiliki kandungan vitamin A,yang mana berfungsi sebagai vitamin yang dapat larut di dalam air yang ada di dalam buah rambutan sehingga dapat menjaga organ mata.
  3. Buah rambutan memiliki kandungan protein sehingga dapat mengganti kerusakan sel yang rusak dan sel mati menjadi sel-sel yang baru.
  4. Di dalam buah rambutan Narmada sendiri terdapat asupan vitamin C yang sangat dominan,dan berfungsi sumber vitamin alami yang dapat  larut di dalam air yang mana nantinya akan memberikan efek antioksidan bagi tubuh.
  5. Buah rambutan Narmada mempunyai beragam kandungan yang kaya akan serat pangan,sehingga nantinya dapat melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh,sehingga akan terasa lancar saat buang air besar.
  6. Khasiat rambutan narmada yang berikutnya yaitu sebagai buah yang mana bisa mengatasi berbagai macam jenis peradangan yang terjadi di dalam tubuh manusia. Buah ini akan membantu untuk mengatasi sekaligus meredakan adanya infeksi peradangan, sehingga dapat mengatasi rasa nyerinya.
  7. Khasiat rambutan narmada untuk penderita hipertensi cukup ampuh. Buah ini bisa membantu tubuh dalam mengontrol tekanan darah yang tinggi.
  8.  

Leave a Reply

Your email address will not be published.